Minggu, 15 Maret 2020

Jago Akuntansi Hanya dalam 1 Jam dengan 4 Langkah Berikut

Cara cepat belajar akuntansi dasar tanpa pusing. 1 jam langsung jago!

Peran akuntansi dalam kegiatan bisnis sangat penting. Selain menyediakan informasi lengkap terkait kondisi keuangan perusahaan, akuntansi juga bisa menjadi alat evaluasi sekaligus kontrol finansial yang dibutuhkan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Memahami teori akuntansi dasar merupakan salah satu kunci menuju kesuksesan berbisnis. Jangan khawatir kalau Anda masih asing dengan disiplin ilmu yang satu ini. Berikut kiat mudah dan cepat jago akuntansi untuk pemula.

Pahami Dulu Definisi Akuntansi





Peribahasa “Tak kenal maka tak sayang” juga berlaku saat belajar akuntansi. Untuk bisa menguasai teorinya, Anda perlu tahu lebih dulu apa itu definisinya. Secara ringkas, akuntansi adalah kegiatan mencatat, mengklasifikasi, mengolah serta menyajikan segala data yang berkaitan dengan keuangan agar bisa digunakan sebagai bahan evaluasi maupun pengambilan keputusan.

Hafalkan Nama, Nomor Akun, dan Saldo Normal




Sumber : antaranews.com

Untuk membuat proses penyusunan laporan menjadi lebih mudah dan sistematis, akuntansi dibagi menjadi beberapa nama akun, lengkap dengan nomor dan saldo normalnya. Berikut daftar akun dasar yang wajib dihafal dalam teori akuntansi.





Dari kelima akun di atas, ada ratusan akun turunan lain yang menggolongkan apakah jenis transaksi termasuk dalam aset, utang, modal, pendapatan, atau biaya/beban. Adapun pembagian nomor akunnya sebagai berikut:

Akun Aset = 1-199
Akun Utang = 200-299
Akun Modal = 300-399
Akun Pendapatan = 400-499
Akun Biaya/Beban = 500-599

Pahami Dasar-Dasar Akuntansi




Sumber : Jurnal.id

Untuk bisa jago akuntansi, pahami dengan baik dasar-dasarnya. Selain rumus baku Harta = Utang + Modal, Anda juga wajib menguasai konsep debit & kredit, membuat jurnal dan buku besar, neraca saldo, sampai penyajian laporan keuangan.

Selain itu, pahami juga konsep persamaan dasar akuntansi, yakni hubungan antara harta, utang, serta modal yang dimiliki sebuah bisnis/perusahaan. Hal ini penting, sebab setiap transaksi yang terjadi harus selalu dicatat dalam aktiva dan pasiva. Ingat, keseimbangan 2 aspek tersebut wajib dipertahankan demi stabilnya kondisi keuangan.

Ketahui Siklus Akuntansi



Sumber : Pixabay.com

Siklus akuntansi merupakan proses yang harus dikerjakan agar dapat menghasilkan informasi berupa laporan keuangan (financial report) yang benar, sistematis, serta dapat dipertanggungjawabkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Siklus akuntansi sendiri terbagi menjadi 4 tahapan:

Pencatatan
Penggolongan
Pengikhtisaran
Pelaporan

Pada dasarnya, memahami akuntansi bukanlah hal yang sulit. Terlebih di era digital seperti sekarang, urusan penyusunan laporan keuangan jadi lebih mudah dengan kehadiran software keuangan semacam Finata.

Finata sebagai platform akuntansi online dapat membantu Anda memahami sekaligus menyelesaikan segala kebutuhan akuntansi bisnis dengan praktis dan mudah. Finata juga dilengkapi dengan fitur andalan seperti koreksi fiskal untuk menghitung kewajiban pajak perusahaan dan analisis kesehatan bisnis Anda.

Ayo, registrasi sekarang. Ada penawaran GRATIS SELAMANYA untuk UMKM dengan omzet Rp300jt ke bawah!
Ayo buruan!!
pakai finata
software diagnosis keuangan
bisnis aman hidup nyaman

Kontak Kami

support@finata.id
08112233010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar