Rabu, 11 Maret 2020

Kenapa Bisnis Membutuhkan Akuntansi?

 
 
 
 
 
Kenapa bisnis membutuhkan akuntansi? Akuntansi adalah bagian dari setiap bisnis yang sukses. Akuntasi melayani semua bisnis dan itu sebabnya bisnis tidak dapat beroperasi tanpa bantuan akuntan profesional.
Akuntan memainkan peran yang sangat penting dalam pembukuan, audit, layanan persiapan pajak, dan konsultasi di antara peran lainnya.  Lalu seperti apakah fungsi dari akuntansi itu sendiri dan mengapa sebuah bisnis atau usaha membutuhkan keberadaan akuntan?

Apa itu Akuntansi?

Bisnis menghabiskan banyak waktu dan uang dalam mencatat transaksi keuangan mereka. Namun, apakah upaya yang sungguh-sungguh ini akhirnya sepadan? Mari jelajahi peran apa yang harus dimainkan akuntansi dalam bisnis.
Akuntansi sangat penting untuk mencatat transaksi keuangan dalam bisnis. Tanpa akuntansi, Anda tidak dapat menampilkan kesehatan keuangan bisnis Anda kepada para pemangku kepentingan Anda. Akuntansi sangat penting untuk berbagai aspek dan memainkan peran penting dalam menyiapkan laporan keuangan yang disusun.
Praktek pemeliharaan sistematis catatan keuangan perusahaan, meringkas catatan untuk menyusun laporan keuangan organisasi dan mengatur pajak, semua benar-benar diatur oleh akuntansi.  Tanpa akuntansi, bisnis Anda akan menjadi seperti kapal tanpa radar, bergerak tanpa arah.
Bahkan dalam kegiatan sehari-hari kita, manusia tetap memperhitungkan pendapatan dan pengeluarannya. Bisnis kecil dan besar sama-sama memelihara akun untuk mengawasi posisi keuangan mereka, yang merupakan motif utama dari bisnis apa pun.
Itulah sebabnya undang-undang menetapkan audit wajib untuk bisnis yang melebihi omset tertentu, yang mungkin berbeda sesuai dengan syarat dan ketentuan yang relevan dari negara tersebut.

Alasan Sebuah Bisnis Membutuhkan Akuntansi

Banyak pemilik usaha kecil tidak menyadari bahwa 80 persen bisnis, gagal dalam 18 bulan pertama. Biasanya, salah satu penyebab utamanya adalah manajemen keuangan yang buruk. Meskipun tidak boleh menyimpulkan bahwa bisnis ini lebih buruk karena tidak memiliki seorang akuntan, Amda tidak bisa meremehkan luasnya pengetahuan dan pengalaman yang bisa diberikan oleh seorang akuntan.
Akuntan melakukan lebih dari pengajuan pajak. Mereka dapat mengambil penilaian komprehensif tentang keuangan Anda dan membuat menjaga bisnis Anda pada keadaan yang sehat dan makmur. Mungkin terasa menakutkan untuk membiarkan orang luar masuk ke dalam detail intim tentang bagaimana bisnis Anda dijalankan, terutama jika Anda pernah mengalami kesulitan mengelola keuangan Anda di masa lalu.
Tetapi akuntansi memang sangat penting kehadirannya dalam sebuah bisnis. Penasaran seperti apakah pentingnya kehadiran sebuah akuntansi dalam bisnis? Kenapa bisnis membutuhkan akuntansi? Berikut adalah ulasannya :
  • Untuk menemukan struktur bisnis terbaik
Akuntansi tidak semua tentang menghitung uang seperti yang dipikirkan orang. Jauh lebih dari itu. Dengan seorang akuntan profesional, Anda akan dapat menemukan struktur bisnis terbaik. Contoh struktur bisnis termasuk perusahaan, kemitraan, dan masih banyak yang lain.
  • Analisis keuangan
Untuk setiap bisnis yang sukses, analisis keuangan sangat penting. Untuk memiliki rencana bisnis yang baik, akuntansi sangat penting.
  • Melacak pengeluaran
Akuntansi diperlukan demi melacak semua pengeluaran bisnis Anda. Selama transaksi bisnis Anda, Anda harus menghabiskan dan juga menghasilkan. Tanpa catatan yang tepat, Anda mungkin berakhir dengan transaksi yang membingungkan. Yang mengatakan, akuntansi sangat penting.
  • Menyediakan layanan pajak
Setiap bisnis memerlukan layanan akuntansi untuk menghitung dan menyiapkan laporan pajak. Oleh karena itu, Anda akan memerlukan perusahaan atau akuntan untuk membantu dengan kebutuhan pajak perusahaan.
  • Pemberi Pinjaman dan Bank
Pemberi pinjaman dan bank harus mempertimbangkan kesehatan keuangan suatu organisasi, atas dasar pinjaman yang diberikan, dengan mempertimbangkan kapasitas pendapatan organisasi. Semua ini tidak mungkin tanpa adanya sistem akuntansi yang tepat.
Catatan laba buku yang ditulis sebelumnya, pajak yang dibayarkan, aset, dan kewajiban perusahaan dipelajari dengan cermat sebelum memberikan jumlah yang diinginkan kepada manajemen.
  • Informasi untuk Investor
Akun dan laporan keuangan mewakili organisasi di depan pemegang saham, seperti investor, kreditor, debitor, pemerintah, pelanggan, dan karyawan. Akuntansi bertindak sebagai representasi bagi para pemangku kepentingan ini, yang secara langsung dipengaruhi oleh posisi keuangan perusahaan.
  • Pembuatan Keputusan
Akuntansi membantu dalam serangkaian proses pengambilan keputusan dan membantu pemilik dalam mengembangkan kebijakan untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis. Beberapa contoh keputusan berdasarkan informasi akuntansi termasuk harga yang akan dibebankan untuk produk dan layanan, sumber daya yang diperlukan untuk membuat produk dan layanan ini serta pembiayaan dan peluang bisnis.
  • Performa Bisnis
Menggunakan laporan akuntansi, pemilik bisnis dapat menentukan seberapa baik kinerja suatu bisnis. Laporan keuangan adalah sumber yang dapat diandalkan untuk mengukur indikator kinerja utama, sehingga pemilik bisnis dapat membandingkan diri mereka sendiri dengan kinerja masa lalu mereka dan juga dengan para pesaing.
  • Posisi Keuangan
Laporan keuangan yang dihasilkan pada akhir siklus akuntansi mencerminkan kondisi keuangan suatu bisnis pada saat itu. Laporan ini menunjukkan berapa banyak modal yang telah diinvestasikan, berapa banyak dana yang telah digunakan bisnis, laba rugi dan jumlah aset dan kewajiban bisnis.
  • Likuiditas
Alasan umum kegagalan bisnis kecil adalah kesalahan manajemen uang. Akuntansi membantu dalam menentukan likuiditas bisnis yang mengacu pada uang tunai dan sumber daya likuid lainnya yang Anda inginkan untuk melunasi komitmen keuangan. Informasi ini mengurangi risiko kebangkrutan melalui deteksi kemacetan.
  • Menyiapkan catatan keuangan
Akuntansi membantu pemilik bisnis menyiapkan catatan keuangan serta proyeksi keuangan yang dapat digunakan saat mengajukan pinjaman atau mengamankan investasi untuk bisnis.
  • Kontrol keuangan
Dengan menempatkan berbagai cek di seluruh organisasi, akuntansi membantu dalam menghindari kerugian yang disebabkan oleh pencurian, penipuan, kesalahan, kerusakan, usang dan salah urus. Kontrol internal melindungi aset bisnis dan menghindari kerugian jangka panjang.
  • Memperoleh Pendanaan
Jauh lebih mudah untuk menarik investor dan mengajukan pinjaman ketika Anda memiliki data keuangan nyata di ujung jari Anda. Dengan informasi mengenai akuntansi, Anda menjadikan diri Anda sebagai wirausahawan serius yang memahami pentingnya mengelola detail keuangan dengan cermat.
  • Menetapkan Baseline
Tanpa akuntansi yang andal, sulit untuk menganggarkan bisnis Anda yang sedang tumbuh. Menyimpan catatan tentang overhead umum Anda dari awal memberi Anda ide yang lebih baik tentang berapa banyak pendapatan yang Anda perlukan untuk membawa perusahaan Anda ke level berikutnya. Selain itu, Anda akan dapat menetapkan tujuan realistis untuk bisnis baru Anda.
  • Melacak arus kas
Untuk mencegah arus kas bisnis Anda menyusut, Anda harus menerapkan kebijakan untuk pencatatan yang efisien dan strategi keuangan yang sehat.
  • Bagus untuk kesejahteraan bisnis
Untuk memahami konsep biaya tetap, biaya variabel dan cara menghitung biaya proyek Anda secara akurat, pemilik usaha kecil dapat mengandalkan akuntansi biaya. Dengan cara ini Anda tidak akan kehilangan uang untuk proyek yang Anda pikir akan menghasilkan banyak. Ya, akuntansi memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang kesejahteraan bisnis. Anda dapat melakukan ini dengan belajar membaca neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas di software akuntansi. Salah satu software akuntansi yang bisa Anda gunakan adalah Finata. Software ini bisa menjadi solusi bagi permasalahan akuntansi Anda. Jadi untuk Anda yang masih bertanya kenapa bisnis membutuhkan akuntansi, semoga ulasan ini bisa menjawab keraguan Anda.
kunjungi web https://finata.net/
Ayo buruan!!
pakai finata 
financial terata
bisnis aman hidup nyaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar