Jumat, 20 Maret 2020

Pengertian Likuiditas sebagai Navigator Masa Depan Perusahaan

Pengertian Likuiditas
Pengertian Likuiditas
Pengertian Likuiditas adalah kemampuan untuk memenuhi kewajiban jangka pendek, seperti melunasi hutang dengan kepemilikan harta lancar perusahaan. Contoh kewajiban-kewajiban tersebut adalah membayar gaji karyawan, tagihan listrik,telepon dan air. Likuiditas sendiri sangat sering  ditemukan dalam ilmu Akuntansi.

Pengertian Likuiditas menjadi salah satu pedoman penting bagi navigasi dan keberlangsungan sebuah perusahaan. Salah satu indikator kesuksesan bagi sebuah perusahaan adalah kemampuan untuk mewujudkan visi dan misi bersama. Rasio lancar paling tidak 100% merupakan indikator perusahaan berada dalam kategori likuiditas yang sehat.

Demi meraih target likuiditas yang sehat tentunya sebuah perusahaan harus dapat memahami dan menentukan perencanaan yang matang. Pihak ketiga seperti lembaga keuangan pastinya akan mempertimbangkan tingkat likuiditas sebagai cerminan kemampuan sebuah perusahaan dalam memenuhi tanggung-jawabnya. Semakin sehat tingkat likuiditas, semakin besar potensi untuk menarik pihak eksternal agar berkolaborasi lebih lanjut.

Perusahaan likuid adalah perusahaan yang sanggup memenuhi kewajiban. Sebaliknya, ketika sebuah perusahaan tidak mampu memenuhi kewajiban sebagaimana diatas, maka perusahaan tersebut dikategorikan sebagai perusahaan ilikuid.

Mengetahui tingkat likuiditas perusahaan mendatangkan banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah tolak ukur bagi sebuah perusahaan untuk melunasi kewajiban jangka pendek seperti hutang dan memenuhi ketersediaan dana tak terduga. Selain itu, tingkat likuiditas dapat digunakan sebagai pedoman untuk evaluasi kinerja, efisiensi keuangan dan menganalisa kondisi keuangan perusahaan dalam lingkup jangka pendek.

Perhitungan Rasio Likuiditas

Rasio Likuiditas sendiri terbagi menjadi empat. Pertama adalahRasio Lancar, yakni dengan membandingkan antara jumlah total aktiva lancar dengan kewajiban lancar. Kedua adalah Rasio Cepat, yakni dengan membandingkan antara aktiva lancar dikurangi persediaan dengan kewajiban lancar.

Ketiga adalah Rasio Kas. Rasio  ini didapatkan melalui membandingkan ketersediaan kas dengan kewajiban jangka pendek seperti hutang. Yang terakhir adalah Rasio Perputaran Kas. Rasio ini didapatkan dengan membagi nilai penjualan bersih dengan modal kerja. Sementara modal kerja merupakan hasil pengurangan aktiva lancar dengan total hutang lancar.

Di era digital sekarang ini, kecanggihan teknologi memberi dampak signifikan dan membawa perubahan dalam produktivitas serta output sebuah perusahaan. Salah satu teknologi yang digunakan adalah perangkat lunak. Pengecekan kesehatan keuangan adalah salah satu usaha yang sangat penting untuk keberlangsungan bisnis agar keuntungan tetap stabil dan memberikan kontribusi pemasukan secara positif.

Berbagai masalah yang biasa ditemui adalah tunggakan hutang, jumlah pendapatan dan keuntungan yang cenderung tidak berkembang bahkan menurun, kondisi stok keuangan menipis, bisnis yang kehilangan arah, tagihan pajak, serta pemborosan biaya operasional.

Permasalahan tersebut jika dibiarkan maka akan mengganggu produktivitas bahkan konsistensi perusahaan. Di tengah kekhawatiran tersebut, Finata hadir sebagai solusi software  keuangan usaha anda. Finata menawarkan berbagai fitur lengkap yang menarik namun tetap mumpuni untuk bisnis keuangan potensial anda.

Finata memiliki fitur Master Data, Transaksi Bisnis, Laporan Lengkap, Utilisasi dan Administrasi, Diagnosis dan Reminder. Fitur-fitur tersebut dapat membantu anda untuk mengawasi dan mengontrol keuangan perusahaan. Keamanan data anda dijamin dengan penyimpanan  yang bersifat privasi dan tidak dapat diakses pihak manapun termasuk Finata. Pengertian Likuiditas yang dipahami, direncanakan dan dipenuhi dengan baik dapat menjadi tolak ukur penentu arah dan tonggak potensial keberhasilan. Tentunya masih banyak lagi manfaat tingkat likuiditas untuk keberlangsungan sebuah perusahaan. Kunjungi Finata sebagai salah satu software keuangan usaha yang dapat berkontribusi memberikan hasil maksimal.

Ayo sekarang juga!!
pakai finata
software diagnosis keuangan
bisnis aman hidup nyaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar