Jumat, 20 Maret 2020

Pengertian Break Event Point

Pengertian Break Event Point
Pengertian Break event point dalam ekonomi, bisnis, dan akuntansi biaya adalah analisis yang mengacu pada titik di mana total biaya dan total pendapatan sama. Analisis break event point digunakan untuk menentukan jumlah unit atau pendapatan yang diperlukan untuk menutupi total biaya (biaya tetap dan variabel).
Dalam akuntansi, break event point mengacu pada pendapatan yang diperlukan untuk menutupi jumlah total biaya tetap dan variabel perusahaan selama periode waktu tertentu. Pendapatan dapat dinyatakan dalam rupiah, dolar atau mata uang lainnya), dalam satuan, jam layanan yang disediakan, dll. Lalu seperti apakah pengertian lebih detail mengenai break event point ini dan bagaimana rumusnya?

Pengertian Break Event Point

Break event point adalah alat analisis keuangan utama yang digunakan oleh pemilik bisnis. Setelah Anda mengetahui biaya tetap dan variabel untuk produk yang dihasilkan bisnis Anda atau perkiraan yang baik untuk biaya tetap dan variabel, Anda dapat menggunakan informasi itu untuk menghitung break event point perusahaan Anda.
Adapun usaha kecil yang dikelola dapat menggunakan perhitungan demi menentukan berapa unit produk yang dibutuhkan. Ini dilakukan untuk meraih titik harga atau yang disebut break event point. Ketika bisnis mencapai break event point, total penjualan sama dengan total pengeluaran, maka itu berarti Anda membawa jumlah uang yang sama dengan yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis Anda.
Baca juga : Perbedaan Keuangan dan Akuntansi yang Wajib Diketahui
Pada break event point, bisnis Anda tidak mendapat untung atau menghasilkan kerugian. Pertama kali Anda mencapai titik impas setelah beroperasi dengan rugi bersih dapat menunjukkan perubahan positif untuk bisnis Anda.
Dengan menganalisis angka break event point Anda, Anda dapat mengetahui apakah Anda perlu menaikkan harga penjualan, memotong biaya, atau keduanya untuk melampaui break event point dan menghasilkan keuntungan.
Mengetahui break event point sangat penting untuk menghasilkan keuntungan. Jika Anda menjual barang dengan harga yang salah, Anda tidak akan menghasilkan uang dari bisnis Anda. Anda harus tahu cara memberi harga suatu produk dan dapat bekerja dengan angka. Itu semua berasal dari mengetahui titik impas.
Untuk menghitung break event point perusahaan dalam jumlah penjualan, Anda perlu mengetahui nilai-nilai dari tiga variable di antaranya adalah:
  1. Biaya tetap: Biaya yang tidak tergantung pada jumlah penjualan, seperti sewa
  2. Biaya variabel: Biaya yang bergantung pada jumlah penjualan, seperti biaya pembuatan produk
  3. Harga jual produk
Perhitungan dasar break event point dalam rupiah penjualan selama satu tahun adalah: biaya tetap (manufaktur tetap, selling general and administrative tetap, bunga tetap) untuk tahun tersebut dibagi dengan rasio atau persentase margin kontribusi.
Baca juga : Simak Tips Aman Bertransaksi Melalui Internet Banking
Perhitungan dasar break event point dalam unit yang terjual selama setahun adalah: biaya tetap untuk tahun tersebut dibagi dengan margin kontribusi per unit produk.
Rumus untuk analisis break event point adalah sebagai berikut:
 Kuantitas impas = Biaya tetap / (Harga jual per unit – Biaya variabel per unit)
Penjelasannya adalah :
Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah dengan output yang beragam (missal gaji, sewa, mesin bangunan).

Harga jual per unit adalah harga jual (harga jual unit) per unit.
Biaya variabel per unit adalah biaya variabel yang dikeluarkan untuk membuat unit.
 Penting juga untuk dicatat bahwa harga penjualan per unit dikurangi biaya variabel per unit adalah margin kontribusi per unit.

 Misalnya, jika harga jual buku adalah 1.369.880,00 dan biaya variabelnya adalah 68.494,00 untuk membuat buku, lalu 1.301.177 adalah margin kontribusi per unit untuk mengimbangi biaya tetap.
Bagaimana? Apakah Anda masih bingung dengan rumusnya? Jika Anda masih merasa bingung, maka Anda bisa mengunduh Software Bisnis dari Finata untuk membantu Anda menghitung break event point dan memahami lebih jauh mengenai pengertian break event point.

Ayo segera !!
pakai finata sekarang juga
bisnis aman hidup nyaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar