Minggu, 15 Maret 2020

Pentingnya Efisiensi dalam Bisnis dan Cara Terbaik untuk Melakukannya

Metadeskripsi: Melakukan efisiensi dalam bisnis online atau bisnis apa pun diperlukan agar pendapatan meningkat dan menghemat biaya operasional

Menjalankan sebuah usaha atau bisnis tidak mudah. Memiliki modal besar sekali pun juga bukan jaminan utama bisnis online atau biasa yang dijalankan bisa berjalan dengan lancar. Kalau pengelolaan bisnis di berbagai sektor tidak bisa dilakukan dengan baik, kemungkinan besar masalah akan muncul dan membuat bisnis yang dimulai menemui kemacetan atau berujung pada bangkrut.

Nah, agar bisnis yang dijalankan atau dikelola bisa berjalan dengan lancar, Anda tidak boleh hanya berfokus pada revenue yang akan didapatkan saja. Tapi juga manajemen di berbagai sektor termasuk keuangan hingga sumber daya manusia yang bekerja di sana. Terakhir, kita juga harus bekerja secara cerdas, tidak hanya bekerja keras saja untuk membuat bisnis khususnya bisnis kecil dan online bisa lebih efisien.

Pentingnya Efisiensi Bisnis
Semua orang bisa bekerja dengan sangat keras untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan termasuk membuat strategi yang sempurna. Namun, tidak semua orang bisa bekerja dengan cerdas. Maksud dari bekerja cerdas di sini adalah bekerja dengan usaha kecil, tapi hasilnya sangat besar. Singkatnya kita harus bisa membuat bisnis menjadi efisien.



Nah, mengapa bisnis harus dibuat menjadi lebih efisien? Apakah tidak ada risiko kalau apa pun dibuat lebih “mudah” dari hal yang umum dilakukan. Jawabannya tidak, asal Anda melakukannya dengan cerdas dan dipikirkan dengan matang. Berikut beberapa alasan efisiensi dalam bisnis itu penting.

1. Meningkatkan Keuntungan Bisnis
Bekerja dengan efisien akan meningkatkan keuntungan dari bisnis itu sendiri. Misal, dengan bekerja secara efisien, bahkan hanya menggunakan paruh waktu kerja, perusahaan akan mendapatkan pendapatan hingga nyaris dua kali lipat. Kalau pekerja hanya menggunakan tiga per empat, hasilnya sudah semakin banyak. Selain itu, pekerja juga tidak akan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bekerja dengan terlalu keras.

Peningkatan pendapatan pada perusahaan akan berdampak ke banyak sektor. Tidak hanya berpeluang menciptakan banyak lapangan pekerjaan saja. Tapi juga menciptakan lingkungan bekerja yang produktif tanpa membuang sisi kemanusiaan seperti memaksa pekerja untuk lembur atau sejenisnya.

2. Menurunkan Biaya Operasional
Selain pendapatan yang meningkat tajam dengan waktu atau beban kerja tidak terlalu banyak, hal lain yang dibidik dari strategi bekerja efisien adalah biaya operasional yang anjlok. Seperti yang kita tahu, biaya operasional perusahaan adalah beban terbesar yang membuat keuntungan menjadi anjlok setiap periodenya.

Misal dengan bekerja secara efisien, penggunaan listrik, air, dan bahan baku produksi bisa dibuat lebih hemat, pengeluaran operasional bisa sangat ditekan. Dampak dari penurunan biaya operasional ini adalah sehatnya keuangan perusahaan sehingga kebijakan yang diambil tidak akan pernah merugikan banyak orang.

3. Mengoptimalkan Sumber Daya yang Dimiliki
Selama ini perusahaan hanya menerapkan sistem kerja yang sangat keras dan membuat pekerja harus memanfaatkan waktu yang diberikan setiap harinya untuk melakukan menyelesaikan banyak hal. Pekerja yang datang tepat waktu dan menggunakan waktunya dengan sempurna dianggap pekerja yang baik. Padahal apa yang dilakukan bisa membuat pekerja jadi terlalu lelah.
Perusahaan hanya membuat pekerja untuk bekerja dengan keras dengan memaksimalkan waktu yang diberikan. Namun, perusahaan lupa dengan kemampuan dari pekerja. Setiap orang memiliki kemampuan masing-masing yang saat dimaksimalkan bisa memberikan dampak lebih banyak, bahkan tanpa menggunakan waktu yang ditentukan sepenuhnya.

Gampangnya, perusahaan harus memaksimalkan kemampuan atau skill yang dimiliki oleh pekerja. Dengan kemampuan ini, pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efisien. Jangan terlalu sering memberikan pekerjaan yang banyak dengan waktu kerja yang sempit.

4. Meningkatkan Layanan Pelanggan
Kalau usaha yang dilakukan berhubungan langsung dengan pelanggan misal bisnis online, peningkatan layanan haru diberikan. Peningkatan layanan wajib dilakukan karena penghasilan atau revenue terbesar dari bisnis ini adalah dari pembeli. Kalau pembeli merasa tidak dihargai lalu kabur ke pemilik bisnis yang lain, Anda akan kehilangan target pasar yang sangat berharga.

Itulah kenapa hubungan dengan pelanggan sangat dibutuhkan dalam bisnis. Selain memberikan kesadaran produk yang Anda miliki, cara ini dilakukan untuk membuat mereka merasa terikat dan memiliki kedekatan. Kalau layanan pelanggan dilakukan dengan baik, berbagai jenis promosi yang dilempar akan ditanggapi dengan baik.

Layanan pelanggan yang sempurna juga dilakukan untuk membuat mereka menjadi sangat loyal. Misal Anda mengeluarkan produk pakaian wanita. Karena pelanggan sudah terlanjur loyal dan terikat, meski di luar sana ada baju jenis sama, mereka akan lebih percaya dengan merek yang Anda miliki dan tidak beli di tempat lain.

5. Memiliki Peluang untuk Berkembang
Bekerja dengan efisien dan efektif akan membuat perusahaan mudah mendapatkan untung yang lebih besar. Nah, dari untung yang besar ini tentu pemilik perusahaan akan mudah membuat keputusan baru yang berhubungan dengan perkembangan atau kemajuan perusahaan. Misal membuka cabang baru, menambah pegawai, atau mengembangkan produk baru.

Kalau perusahaan hanya bekerja keras saja tanpa memperhitungkan efisiensi, balik modal saja sudah bagus. Kalau keuntungan yang didapatkan pas-pasan, tentu susah berkembang. Perusahaan akan susah bersaing dengan yang lain dan ujung-ujungnya rontok satu per satu pegawainya. Lalu perusahaan akan gulung tikar.

6. Meningkatkan Iklim Kompetisi
Menyambung poin sebelumnya terkait dengan mengembangkan perusahaan. Kalau perusahaan bisa berkembang dengan baik dan selalu mengeluarkan produk terbaru dan kekinian, peluang terjadi iklim kompetisi bisa besar. Perusahaan yang Anda miliki akan bisa bertahan di marketshare. Bahkan, kemungkinan besar menciptakan tren yang diikuti oleh banyak orang.

Iklim kompetisi memang memberikan dua sisi. Kalau perusahaan tidak bisa mengembangkan usaha baik dari produk atau layanan, mereka akan tersingkir dengan sendirinya dari pasar. Namun, kalau perusahaan justru merasa tertantang untuk melakukan pembaruan layanan dan produk, kemungkinan bertahan di pasar akan besar.

Itulah kenapa dalam memilih pegawai tidak hanya didasarkan pada kemampuan bekerja saja. Namun, juga pada kemampuan untuk berpikir kreatif dan melahirkan ide-ide baru. Tanpa ide baru, perkembangan akan susah sekali terjadi.

7. Menurunkan Risiko Dampak Lingkungan
Kalau Anda bergerak dalam bisa industri besar yang memiliki kemungkinan menghasilkan dan membuang limbah, bekerja dengan efisien bisa mengurangi dampaknya pada lingkungan. Perusahaan tidak akan terlalu banyak membuang sisa, bahkan bisa menggunakan sisa produksi untuk produk lainnya.

Saat ini isu lingkungan harus dipikirkan baik-baik oleh perusahaan. Kerusakan yang terjadi di lingkungan bisa memberikan dampak negatif pada tubuh. Oleh karena itu, ada baiknya kala apa pun diolah atau dibuat dengan seefisien mungkin. Kalaupun ada sisa atau residu bisa diolah lagi menjadi produk atau diolah dulu baru dibuang agar tidak merusak lingkungan.

8. Mengurangi Kelelahan pada Karyawan
Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh perusahaan adalah memeras tenaga dari pekerjanya dengan maksimal selama jam kerja. Padahal bekerja dengan terlalu keras akan membuat pekerja menjadi mudah lelah baik secara fisik maupun mental. Lelah secara fisik bisa membuat pekerja tidak bisa bekerja dengan maksimal dan sering melakukan kesalahan. Lebih lanjut, pekerja yang terlalu lelah juga rawan mengalami kecelakaan kerja atau kecelakaan saat pulang.

Kelelahan mental juga bisa terjadi kalau ada pekerja yang merasa dipaksa setiap hari. Kondisi ini menyebabkan mereka kerap ketakutan, kebingungan, dan akhirnya pekerjaan yang dilakukan tidak bisa berjalan dengan lancar.

9. Meningkatkan Kesejahteraan
Meningkatkan pemasukan tidak hanya berdampak pada kemajuan dan pengembangan dari perusahaan itu sendiri. Lebih lanjut, pekerja yang melakukan tugasnya dengan baik juga akan mengalami peningkatan kesejahteraan. Perusahaan bisa memberikan kenaikan gaji, bonus, atau tunjangan lainnya.

Kalau pekerja bisa lebih disejahterakan, mereka akan merasa dihargai oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Pekerja juga akan menjadi loyal sehingga mereka mau bekerja dengan sebaik mungkin dan selalu semangat setiap harinya. Akhirnya simbiosis mutualisme bisa muncul.

10. Meningkatkan Ekosistem Kerja yang Baik
Perusahaan yang bisa membuat sistem di dalam usahanya efisien akan memiliki ekosistem kerja yang baik. Ekosistem yang baik ini akan memengaruhi psikologi pekerja yang menjalankan tugasnya. Mereka akan mengikuti sistem dengan baik dan kemungkinan terjadi masalah antara pegawai dengan atasan atau antar pegawai akan rendah.

Lingkungan kerja yang baik juga akan menjadi kultur yang baik di masa depan. Kalau ada pergantian pegawai atau ada perubahan, sistem ini akan tetap berjalan sehingga semua orang akan merasa nyaman berada di sini.

Strategi Melakukan Efisiensi Bisnis
Kita telah mengetahui apa saja manfaat dari efisiensi bisnis. Selanjutnya kita akan mencari tahu, bagaimana cara melakukan efisiensi bisnis dengan baik agar perusahaan bisa terus tumbuh.

1. Membuat Rencana Bisnis yang Cerdas
Sebelum membuat perusahaan apa pun jenisnya, pastikan membuat rencana terlebih dahulu. Business plan adalah hal penting yang harus dibuat dengan detail dan matang. Misal, bisnis dibuat dengan target pasar apa, lalu bagaimana melakukan promosi, pegawai seperti apa yang akan direkrut, siapa saja kompetitornya, dan apa saja kesulitan yang akan dihadapi.

Dengan membuat rencana bisnis seperti ini, Anda bisa dengan mudah menjalankan bisnis sesuai dengan tuntunan yang dibuat. Misal terjadi masalah pada bisnis, Anda dan tim sudah membuat penyelesaian sebelumnya, jadi bisa segera dibersihkan dengan melakukan sedikit modifikasi saja.

Gampangnya, kalau Anda ingin bisnis berjalan lancar dan tidak mau melakukan kesalahan serta menekankan pada efisiensi, buat rencana. Jangan asal kerja keras kalau hasil yang didapatkan sangat kecil.

2. Menggunakan Website
Website yang dibuat untuk perusahaan memiliki beberapa fungsi. Kalau Anda baru membuat produk, website bisa digunakan sebagai tempat promosi sekaligus branding. Buatlah website dengan baik yang bisa memberikan pengalaman menakjubkan bagi pengguna karena interaktif dan sesuai dengan milenial.

Fungsi kedua dari website adalah meningkatkan kredibilitas. Website adalah wujud perusahaan di dunia maya yang nyata dan bisa dilihat. Kalau dari website saja terlihat profesional, orang lain yang merupakan target market kita akan percaya dan ingin tahu tahu tentang produk yang dihasilkan.

Terakhir, website bisa digunakan juga untuk berjualan secara langsung. Zaman sekarang, tren perilaku masyarakat sudah berbeda dalam hal berbelanja. Mereka lebih banyak berbelanja secara online sehingga semua produk yang dijual bisa diterima tanpa harus pergi atau keluar rumah.

3. Fokus pada Aktivitas Inti
Kalau Anda ingin membangun perusahaan dengan cepat dan efisien. Hanya fokus pada pekerjaan inti saja. Misal bisnis online yang dilakukan berhubungan dengan dunia kreatif. Kalau tim yang Anda miliki hanya bisa mengerjakan masalah desain, fokuskan pada hal itu saja agar bisa berkembang dengan baik.

Selanjutnya jenis pekerjaan lain yang masih berhubungan bisa Anda cari pekerja lepasnya. Asal berkualitas Anda bisa membayar mereka untuk melakukan pekerjaan itu dan tahu beres saja. Kalau segala hal dipikirkan padahal tidak mampu, pekerjaan tidak bisa berjalan efisien.

4. Menggunakan atau Mengembangkan Teknologi
Jangan lupa untuk memanfaatkan teknologi yang ada untuk bekerja. Misal menggunakan laptop atau ponsel untuk menjual barang atau melakukan kegiatan marketing lainnya. Selanjutnya pengembangan teknologi juga bisa dilakukan dalam bidang manajemen dan juga sumber daya manusia.

Salah satu teknologi yang bisa dimanfaatkan adalah Finata. Dengan software ini Anda bisa dengan mudah membuat laporan keuangan yang rumit dan menyederhanakan berbagai jenis transaksi yang terjadi.

5. Memperbanyak Jaringan
Kalau ingin lebih efisien dalam bekerja dan mengatur perusahaan, perbanyak jaringan. Dengan memperbanyak jaringan khususnya rekanan bisnis, Anda bisa dengan mudah melakukan penjualan, distribusi, promosi, mencari pekerja lepas, hingga mendapatkan bahan mentah untuk membuat produk.

6. Melakukan Promosi Cerdas
Lakukan promosi dengan cerdas dan tidak mengeluarkan terlalu banyak uang yang tidak perlu. Promosi cerdas memanfaatkan target pasar dengan baik dan menggunakan media yang tepat. Di era digital seperti sekarang, penggunaan media sosial sangat dianjurkan karena milenial lebih banyak melakukan aktivitas di sana.

Promosi di media sosial atau internet bisa dilakukan dalam bentuk content marketing dengan bubuhan soft selling di dalamnya. Pengadaan kuis atau sejenisnya juga bisa dilakukan. Terakhir, pertimbangkan elemen foto dan video yang lebih mudah menarik perhatian banyak orang.

7. Melakukan Pengecekan Produktivitas
Produktivitas kerja tidak dilihat dari banyaknya pekerjaan yang selesai saja. Namun, dari prosesnya, hasil, dan juga bisa diukur. Buat pekerjaan yang dilakukan oleh pegawai bisa diukur dengan baik. Tidak hanya dari segi kuantitas saja, tapi juga kualitas agar mereka tidak melakukan kesalahan yang tidak perlu.

8. Membuat Lingkungan Kantor Lebih Bersahabat
Zaman sekarang, kantor tidak perlu yang terlalu formal yang memberikan sekat antar orang. Di perusahaan besar seperti Google atau Facebook sudah membuang tradisi ini. Pekerja bisa bekerja di mana saja karena desain kantornya lebih bersahabat. Bahkan, beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan di luar kantor, pekerja bisa melakukannya secara remote.

Inilah beberapa ulasan tentang pentingnya efisiensi bisnis dan cara melakukannya dengan benar. Nah, seperti yang telah dibahas sebelumnya, salah satu cara untuk membuat perusahaan jadi efektif adalah dengan memanfaatkan teknologi. Dalam bisa pengelolaan atau manajemen keuangan juga demikian. Anda bisa memanfaatkan Finata untuk memudahkan pengolahan laporan keuangan hingga pajak.

Dengan menggunakan Finata, Anda juga bisa membuat pusat informasi yang di dalamnya ada data pegawai, data pemilik perusahaan, hingga payroll, dan pajak perorangan. Selanjutnya pencatatan transaksi juga mudah dilakukan karena Anda hanya perlu memasukkan transaksi masuk dan keluar. Selanjutnya aneka laporan bisa dicetak secara langsung.

Kalau Anda ingin memanfaatkan teknologi manajemen keuangan, jangan lupa untuk menggunakan Finata. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda.
 
ayo buruan!!
pakai finata
software diagnosis keuangan
aplikasi pajak
aplikasi keuangan
bisnis aman hidup nyaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar