Meta deskripsi: Salah satu kendala yang sering dihadapi pebisnis pemula adalah pembuatan
laporan keuangan atau akuntansi. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?
laporan keuangan atau akuntansi. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?
Tidak semua pebisnis datang dari kalangan dengan latar belakang pendidikan Ekonomi atau
Akuntansi. Terkadang bisnis yang dibangun hanya berdasarkan passion dan pengalaman. Tidak
heran dalam perjalanannya, ada banyak kendala yang mungkin akan akan dihadapi.
Salah satunya pembuatan laporan keuangan.
Akuntansi. Terkadang bisnis yang dibangun hanya berdasarkan passion dan pengalaman. Tidak
heran dalam perjalanannya, ada banyak kendala yang mungkin akan akan dihadapi.
Salah satunya pembuatan laporan keuangan.
Nah, jika Anda termasuk pengusaha yang belum cukup pengetahuan dalam hal ini, ada beberapa
tips yang bisa dilakukan, di antaranya:
tips yang bisa dilakukan, di antaranya:
1. Berpedoman pada SAK ETAP
Sumber : Tokopedia.com
SAK ETAP atau Standar Akuntansi Keungan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Pulik merupakan
ketetapan yang dibuat oleh Ikatan Akuntan Indonesia pada 17 Juli 2009 dan mulai berlaku sejak
Januari 2011. Ketetapan ini merupakan pedoman yang bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan
laporan keuangan sederhana.
ketetapan yang dibuat oleh Ikatan Akuntan Indonesia pada 17 Juli 2009 dan mulai berlaku sejak
Januari 2011. Ketetapan ini merupakan pedoman yang bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan
laporan keuangan sederhana.
Dalam ketetapan tersebut, terdapat beberapa prinsip keuangan yaitu tentang pembuatan
laporan arus kas, posisi keuangan, kinerjanya, dan hal lain yang dibutuhkan dalam laporan
sebuah perusahaan. Menurut SAK ETAP ada 4 jenis laporan keuangan, yaitu:
laporan arus kas, posisi keuangan, kinerjanya, dan hal lain yang dibutuhkan dalam laporan
sebuah perusahaan. Menurut SAK ETAP ada 4 jenis laporan keuangan, yaitu:
- Laporan neraca
- Laporan laba rugi
- Laporan perubahan modal, dan
- Laporan arus kas
Laporan-laporan di atas dibuat berdasarkan cash flow dan segala bentuk transaksi yang terjadi
selama perusahaan berdiri dalam suatu periode. Biasanya segala bentuk pelaporan keuangan
tersebut dibuat setiap akhir tahun.
selama perusahaan berdiri dalam suatu periode. Biasanya segala bentuk pelaporan keuangan
tersebut dibuat setiap akhir tahun.
2. Mengumpulkan, mencatat, dan memasukkan setiap transaksi ke buku besar
Sumber : Jurnal.id
Selain berpedoman pada SAK ETAP, langkah selanjutnya untuk membuat laporan
akuntansi bisnis sederhana adalah dengan mengumpulkan, mencatat dan memasukkan setiap
transaksi keuangan ke buku besar perusahaan. Tidak peduli seberapa besar atau kecilnya
transaksi tersebut.
akuntansi bisnis sederhana adalah dengan mengumpulkan, mencatat dan memasukkan setiap
transaksi keuangan ke buku besar perusahaan. Tidak peduli seberapa besar atau kecilnya
transaksi tersebut.
Mengapa begitu? Karena setiap transaksi yang terjadi akan memengaruhi arus keuangan
perusahaan sehingga keberadaannya pun harus dibuktikan dengan pencatatan yang cermat
serta teliti. Dari pencatatan ini Anda bisa membuat berbagai laporan keuangan seperti laporan
laba rugi atau neraca tanpa kesulitan.
perusahaan sehingga keberadaannya pun harus dibuktikan dengan pencatatan yang cermat
serta teliti. Dari pencatatan ini Anda bisa membuat berbagai laporan keuangan seperti laporan
laba rugi atau neraca tanpa kesulitan.
3. Menggunakan jasa keuangan
Sumber : acisindonesia.com
Selain beberapa tips yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa memanfaatkan jasa
keuangan seperti Finata untuk membantu membuat perencanaan, pembukuan, hingga
pelaporan pajak. Finata sendiri merupakan platform keuangan yang berfokus pada
pengembangan software bisnis berbasis web untuk memudahkan para pengusaha menjalankan
bisnis mereka, terutama yang masih UMKM.
keuangan seperti Finata untuk membantu membuat perencanaan, pembukuan, hingga
pelaporan pajak. Finata sendiri merupakan platform keuangan yang berfokus pada
pengembangan software bisnis berbasis web untuk memudahkan para pengusaha menjalankan
bisnis mereka, terutama yang masih UMKM.
Selain itu, software dari Finata juga dapat mendiagnosis kondisi keuangan perusahaan sehingga
pemilknya tahu apa yang harus dilakukan untuk mencegah kerugian dan meminimalisasi risiko
kebangkrutan.
pemilknya tahu apa yang harus dilakukan untuk mencegah kerugian dan meminimalisasi risiko
kebangkrutan.
Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para pengusaha untuk menyiapkan akuntansi
sederhana di perusahaan. Sebagai upaya agar keuangan perusahaan tetap sehat, cobalah untuk
menggunakan software dari Finata. Karena software tersebut dapat membantu perusahaan
mengelola keuangan mereka secara lebih mudah, cepat, efektif, efisien, serta bisa dilakukan di
mana saja.
sederhana di perusahaan. Sebagai upaya agar keuangan perusahaan tetap sehat, cobalah untuk
menggunakan software dari Finata. Karena software tersebut dapat membantu perusahaan
mengelola keuangan mereka secara lebih mudah, cepat, efektif, efisien, serta bisa dilakukan di
mana saja.
Ayo buruan!!
pakai finata
software diagnosis keuangan
bisnis aman hidup nyaman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar