Kamis, 19 Maret 2020

Tips Menyiapkan Akuntansi Sederhana untuk Bisnis

Meta deskripsi: Salah satu kendala yang sering dihadapi pebisnis pemula adalah pembuatan 
laporan keuangan atau akuntansi. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Tidak semua pebisnis datang dari kalangan dengan latar belakang pendidikan Ekonomi atau  
Akuntansi. Terkadang bisnis yang dibangun hanya berdasarkan passion dan pengalaman. Tidak 
heran dalam perjalanannya, ada banyak kendala yang mungkin akan akan dihadapi. 
Salah satunya pembuatan laporan keuangan. 
Nah, jika Anda termasuk pengusaha yang belum cukup pengetahuan dalam hal ini, ada beberapa 
tips yang bisa dilakukan, di antaranya:
1. Berpedoman pada SAK ETAP
Sumber : Tokopedia.com
SAK ETAP atau Standar Akuntansi Keungan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Pulik merupakan 
ketetapan yang dibuat oleh Ikatan Akuntan Indonesia pada 17 Juli 2009 dan mulai berlaku sejak 
Januari 2011. Ketetapan ini merupakan pedoman yang bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan 
laporan keuangan sederhana.
Dalam ketetapan tersebut, terdapat beberapa prinsip keuangan yaitu tentang pembuatan 
laporan arus kas, posisi keuangan, kinerjanya, dan hal lain yang dibutuhkan dalam laporan 
sebuah perusahaan. Menurut SAK ETAP ada 4 jenis laporan keuangan, yaitu:
  • Laporan neraca
  • Laporan laba rugi
  • Laporan perubahan modal, dan
  • Laporan arus kas
Laporan-laporan di atas dibuat berdasarkan cash flow dan segala bentuk transaksi yang terjadi 
selama perusahaan berdiri dalam suatu periode. Biasanya segala bentuk pelaporan keuangan  
tersebut dibuat setiap akhir tahun.
2. Mengumpulkan, mencatat, dan memasukkan setiap transaksi ke buku besar
Sumber : Jurnal.id
Selain berpedoman pada SAK ETAP, langkah selanjutnya untuk membuat laporan 
 akuntansi bisnis sederhana adalah dengan mengumpulkan, mencatat dan memasukkan setiap
transaksi keuangan ke buku besar perusahaan. Tidak peduli seberapa besar atau kecilnya 
transaksi tersebut.
Mengapa begitu? Karena setiap transaksi yang terjadi akan memengaruhi arus keuangan 
perusahaan sehingga keberadaannya pun harus dibuktikan dengan pencatatan yang cermat 
serta teliti. Dari pencatatan ini Anda bisa membuat berbagai laporan keuangan seperti laporan 
laba rugi atau neraca tanpa kesulitan.
3. Menggunakan jasa keuangan
Sumber : acisindonesia.com
Selain beberapa tips yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa memanfaatkan jasa 
keuangan seperti Finata untuk membantu membuat perencanaan, pembukuan, hingga 
pelaporan pajak. Finata sendiri merupakan platform keuangan yang berfokus pada 
pengembangan software bisnis berbasis web untuk memudahkan para pengusaha menjalankan 
bisnis mereka, terutama yang masih UMKM.
Selain itu, software dari Finata juga dapat mendiagnosis kondisi keuangan perusahaan sehingga 
pemilknya tahu apa yang harus dilakukan untuk mencegah kerugian dan meminimalisasi risiko 
kebangkrutan.
Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para pengusaha untuk menyiapkan akuntansi 
sederhana di perusahaan. Sebagai upaya agar keuangan perusahaan tetap sehat, cobalah untuk 
menggunakan software dari Finata. Karena software tersebut dapat membantu perusahaan 
mengelola keuangan mereka secara lebih mudah, cepat, efektif, efisien, serta bisa dilakukan di 
mana saja. 

Ayo buruan!!
pakai finata
software diagnosis keuangan
bisnis aman hidup nyaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar