Rabu, 11 Maret 2020

Pentingnya manajemen keuangan di bisnis online

Pengelolaan keuangan bisnis mencakup lebih dari sekedar menyimpan seperangkat buku yang akurat dan menyeimbangkan rekening bisnis. Pengelolaan bisnis adalah mengelola keuangan bisnis sehingga tidak mengeluarkan terlalu banyak uang dan tetap siap untuk semua pengeluaran, juga distribusi keuntungan. Tanggung jawab pengelolaan keuangan memengaruhi semua aspek bisnis. Sebuah perusahaan yang menjual dengan baik namun memiliki manajemen keuangan yang buruk bisa mengalami kegagalan.
Pentingnya manajemen keuangan dalam sebuah perusahaan ini harus diperhatikan. Dengan manajemen keuangan yang baik, tentunya perusahaan akan mampu berjalan dengan lebih lancar. Manajemen keuangan yang baik juga akan mampu membantu pemilik usaha mengetahui kondisi perusahaan tentang seberapa efektif keuangan perusahaan dan bagaimana kondisi perusahaan kedepan.
Itulah mengapa setiap bisnis perlu memahami pentingnya manajemen keuangan. Di bawah ini akan kita bahas beberapa alasan, kenapa manajemen keuangan itu penting untuk sebuah bisnis.

 

 

 

 

 

Kenapa Manajemen Keuangan itu Penting untuk Bisnis?

Ada beberapa hal yang membuat manajemen keuangan menjadi hal yang penting untuk sebuah bisnis. Diantaranya adalah:
Mengetahui Pengeluaran Modal
Dengan manajemen keuangan yang baik Anda akan mengetahui saat melakukan pembelian aset yang menghasilkan pendapatan. Semua pertimbangan keuangan untuk belanja modal harus menyeimbangkan jumlah pendapatan yang akan dihasilkan aset dengan jumlah yang akan dikeluarkannya. Jika mengelola pengeluaran modal secara efektif, Anda tidak akan terlalu memaksakan perusahaan dengan meminjam modal terlalu banyak untuk aset yang tidak memberikan pendapatan yang cukup.
Mengelola Kas Operasional
Dengan mengelola arus kas dengan baik, Anda akan selalu memiliki cukup kas untuk membayar sewa, utilitas, telepon, asuransi, gaji karyawan dan persediaan. Untuk itu, Anda harus melihat ke depan dan melihat kapan piutang bisnis jatuh tempo dan bandingkan dengan tanggal jatuh tempo tagihan yang terutang. Anda dapat mengelola arus kas dengan mempersingkat jumlah waktu yang Anda berikan kepada pelanggan untuk membayar dan menegosiasi ulang tanggal jatuh tempo dengan vendor. Jika gagal mengelola arus kas secara efektif, Anda mungkin tidak dapat membayar biaya dan menjaga agar perusahaan Anda tetap beroperasi.
Menurunkan Biaya
Salah satu tanggung jawab manajemen keuangan adalah menjaga biaya serendah mungkin. Anda dapat meminta vendor untuk harga yang lebih rendah, mengurangi jumlah karyawan yang, mengurangi penggunaan listrik, atau membeli persediaan secara massal. Jika tidak memantau dan mengelola biaya, perusahaan Anda harus selalu meningkatkan penjualan secara dramatis untuk membayar kenaikan biaya.
Membantu Perencanaan Pajak
Tugas pengelolaan manajemen keuangan meliputi perencanaan untuk pajak. Proses perencanaan pajak ini tentu dapat membantu perusahaan dalam pembuatan estimasi perpajakan sehingga Anda dapat mengalokasikan dana lebih untuk melakukan kewajiban pembayaran pajak. Dengan dana yang telah dialokasikan dengan baik, perusahaan dapat membayar pajak tepat waktu sehingga terhindar dari keterlambatan yang bisa menyebabkan keluarnya dana lebih untuk pembayaran denda atau sanksi perpajakan.
Manajemen keuangan yang baik, akan membantu perencanaan keuangan bisnis dengan baik. Perusahaan juga bisa berjalan dengan lancar karena adanya pengelolaan keuangan yang baik. Anda bisa mengenali masalah lebih awal dan mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Jurnal merupakan software akuntansi online yang dapat Anda andalkan untuk ikut membantu mempermudah manajemen keuangan perusahaan yang baik dan sehat bagi bisnis Anda. Dengan Jurnal, Anda tidak hanya memperoleh keuntungan sebatas perencanaan keuangan saja, tapi juga layanan kemudahan lainnya seperti pembuatan invoice secara otomatis dengan 11 desain profesional, mengetahui ketersediaan stok barang terkini, hingga membantu dan mengembangkan nilai manajemen aset perusahaan Anda dengan baik.
Ayo buruan!!
pakai finata 
financial tertata
bisnis aman hidup nyaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar